Khasiat Kunyit Putih (curcuma mangga)

(curcuma mangga), sebagai anggota keluarga besar Curcuma, mengandung zat kurkumin. Dalam buku Encyclopedia of Medical Plants dinyatakan, kurkumin mempunyai khasiat anti-oksidan dan anti-inflamasi. Bahkan khasiat anti-oksidannya lebih kuat dari vitamin E, sedangkan khasiat anti-inflamasinya lebih kuat daripada hidrokortison kimia/sintetis.

Menurut laporan American Institute of Cancer Report yang dimuat The New York Times akhir Juli 1999, kanker dapat dicegah dengan kunyit. Zat anti-oksidan pada kunyit berfungsi mencegah kerusakan asam deoksiribonukleat (senyawa yang menyusun gen),  karena kerusakan gen adalah salah satu penyebab terjadinya kanker.

Sedangkan kurkumin bersama feruloyl dan 4-hydroxy-cinnamoyl adalah senyawa anti-inflamasi yang terdapat pada rimpang kunyit.

Kesimpulannya, kedua kandungan kurkumin tersebut sangat berperan dalam memerangi kanker, yaitu mencegah kerusakan gen sekaligus mencegah peradangan (inflamasi), karena pada penyakit kanker selalu terjadi inflamasi.

Penetrasi ke dalam sel kanker

Hasil penelitian Dr. Retno S Sudibyo yang dimuat dalam Tempo 30 Mei 1999 menyebutkan bahwa Curcuma mangga mengandung “protein toksis”. Sejenis Ribosome in Activating Protein (RIP). Inilah protein yang mampu menonaktifkan Ribosom, sehingga sintesa protein di dalam sel terganggu. Protein tersebut lebih mudah melakukan penetrasi ke dalam sel kanker daripada sel sehat. Akibatnya sel kanker tidak dapat berkembang biak. Karena sel kanker memiliki batas umur, maka lama kelamaan akan habis dengan sendirinya.

Dari uraian tersebut terlihat tiga manfaat Curcuma mangga dalam memerangi kanker, yaitu :

  • RIP memblokade pengembangbiakan sel kanker, sehingga lama-lama akan habis.
  • Antioksidan pada kurkumin mencegah kerusakan gen dimana kerusakan gen adalah salah satu penyebab terjadinya kanker.
  • Zat anti inflamasi pada kurkumin bermanfaat menghilangkan peradangan padahal kanker selalu disertai peradangan.
  • Karena Curcuma mangga termasuk bahan alami, maka pemakaian dalam jangka panjang sekalipun, tetap aman bagi manusia.

Pencegahan tetap lebih baik

Tidak semua penyakit kanker mudah dideteksi sejak dini. Malah ada beberapa kasus yang baru diketahui setelah menginjak stadium lanjut. Dr. Sjahrul Sjamsudin, Sp. OG dari FKUI / RSCM pernah menguraikan kanker ovarium merupakan pembunuh tersembunyi (silent killer), dengan angka survival hanya 30%. Dari data RSCM diketahui bahwa terdapat 10 kasus kanker ovarium setiap bulan. Dikatakan juga, sekitar 70% dari kasus kanker itu (Kompas, 2 Agustus 2000)  diketahui ketika telah menyebar.

Seorang ahli lain, dr. Samsuridjal menerangkan bahwa dikalangan pria, umumnya pada usia 45 tahun, terjadi pembesaran prostat secara perlahan-lahan.

Dalam literatur tentang gangguan pembesaran prostat disebutkan adanya dua kemungkinan, yaitu pembesaran sel (hipertropi) dan peningkatan jumlah sel (hiperplasia). Salah satu dari keduanya dapat berkembang menjadi kanker prostat (Kompas 26 Desember 1999 dan Senior 07/19 Agustus 1999).

Kita semua mengetahui bahwa obat kanker adalah untuk mengobati penderita kanker. Bukan untuk orang sehat. Curcuma mangga bukanlah obat, tetapi bahan alami yang berkhasiat untuk menghambat laju pengembangbiakan sel kanker, sekaligus bermanfaat untuk mencegah kerusakan gen – salah satu penyebab timbulnya kanker.

Sifat dari kandungan Curcuma mangga, yaitu RIP adalah menghambat laju pengembangbiakan sel kanker, sehingga efek terapinya bersifat tidak langsung yaitu menunggu matinya sel kanker itu sendiri.

Kesimpulannya, efek terapi dengan bahan alamiah ini memerlukan waktu yang relatif panjang. Hasil kemajuan penderita juga relatif pelan, yang berarti memerlukan kesabaran. Namun kenyataan yang mendukung yaitu bahwa Curcuma mangga adalah bahan alami, sehingga aman bagi penderita

Takaran untuk mengkonsumsi Curcuma mangga

  • Untuk penyembuhan : 4 – 5 kali sehari, satu sendok teh ( diseduh dengan setengah gelas air ).
  • Untuk pencegahan : 1 – 2 kali sehari, satu sendok teh

ARTIKEL DI MAJALAH INTISARI/NOVEMBER 2000 hal 61-62

Share
Tags: ,

103 Responses to Khasiat Kunyit Putih (curcuma mangga)

  1. soemarno says:

    temulawak dan kunyit putih dapat dijadikan obat untuk menyembuhkan sakit maag gue udah nyoba takaranya adalah 2:1 dua untuk temulawak dan satu untuk kunyit putih lebih baik yang segar diiris lalu digodog seduh airnya lalu siap diminum. silakan mencoba!

  2. Abu Salim says:

    Syukron untuk testimoninya, semoga bermanfaat untuk yang lain.

  3. rosny says:

    aku emang da batuk ma pilek da lama deh, sulit sembuh, padahal da aku minum antibiotik begu banyak namun sering kumat kadang sampe nga bisa bobo.kemudian ak minum kunyit putih ama madu seminggu aja da sembuh padahal da sakit tenggorokan 3 minggu nga sembuh.aku jadi senang ternyata hanya dengan resep yang aku dapat diinternet jadikan aku sehat lagi.

  4. Abu Salim says:

    Terima kasih, mbak Rosny telah memberi testimoni terhadap Kunyit Putih.

  5. nelsa says:

    Apa ya zat/ simplisia lain yang berkhasiat untuk lever? ada gk zat dlm kunyit putih yng bisa??
    soalny org2 pd bilang gtu….
    thx ia…
    mohon dijawab ia…..

  6. Abu Salim says:

    @nelsa
    barangkali yang Anda maksud kunyit, bukan kunyit putih. tentu berbeda.
    sepengetahuan kami, Alllohu a’lam. untuk mengobati penyakit lever adalah dengan rimpang temulawak. caranya, rimpang temulawak diparut, dapatkan airnya, ambil 1 sendok makan, dan campur madu murni, minum sehari 3x. Alhamdulillah ABA Herbal sudah ada produk Temulawaknya.
    Adapun rimpang lain yang bisa dipakai adalah rimpang bangle. Semoga bermanfaat.

  7. wijaya says:

    seorang teman membuat jamu dari kunyit putih dicampur dengan kunyit kuning dan abu gosok,saya terheran dan bertanya untuk apa jamu itu ,teman saya pun menjelaskan bahwa ia baru saja terkena penyakit lelaki padahal kurang sartu minggu lagi dia menikah.dengan keuletannya dalam semingu ia meminum jamu racikannya sendiri yang terdiri dari kunyit putih,kunyit kunigdan abu gosok teman saya sembuh.

  8. shanice anggie says:

    thank you for kunyit putih paling tidak dah buat aku semangat kerja dan sehat segar selalu kata temen-temen aku aku awet muda banget, lagian dah lama aku minum ini……

  9. Abu Salim says:

    @shanice
    makasih, aba herbal juga memudahkan konsumen untuk bisa mengkonsumsi kunyit putih murni dengan kunyit putih instan sulthon. silahkan dicoba.

  10. rosny says:

    apakah dengan mengkonsumsi kunyit putih dan madu dapat memberikan efek aman buat kesuburan kandungan juga? tlng dijwb ya, please

  11. Abu Salim says:

    @rosny
    kunyit putih dari curcuma mangga dari kunyit putih instan sulthon sebaiknya tidak dikonsumsi pada wanita hamil, karena salah satu khasiat dari curcuma mangga adalah menyempitkan organ kewanitaan. Jadi, baik dikonsumsi sesudah masa persalinan. Madu juga berkhasiat untuk stamina dan herbal yang paling netral. Allohu a’lam.

  12. siti heka says:

    saya pernah mengalami keputihan lalu saya buat kunyit putih pake asem jawa dan gula jawa, saya minum lumayan jadi sembuh, padahal saya wkt itu belum tahu khsiatnya, tp krn pas saya ke pasar tradisional ada yg menjual maka saya beli dan saya racik sendiri

  13. asis says:

    katanya minum rebusan kunyit putih bisa mencegah kanker,?! boleh kasih info ga, berapa perbandingan kunyit dan air nya? atau mungkin bisa kunyit putih nya di campur apalagi yang manfaat nya tambah ok. di tggu info nya.tq

  14. murni says:

    apakah kunyit putih bisa juga untuk mengurangi kdar kolestrol di tbuh/pada darah?sebelumya trims….

  15. boleh copy artikelnya pak. nuwun…

  16. triono says:

    ass, mas abu salim saya penderita maag akut dan susah tidur, kalo dg kunyit putih harus dicampur apalagi dan berapa takarannya. Tlong ya mas saya dibantu, trim’s

  17. Abu Salim says:

    @triono
    untuk maag bisa menggunakan kunyit pak, kata orang sunda koneng, atau temulawak. Madu dicampur habbatus sauda yang sudah dihaluskan juga bagus. Pak, hidup yang tenang ya… tawakkal kepada Allah. Pikiran Anda akan sangat mempengaruhi lambung. Terima nasehat agama agar hidup bisa lebih tenang. Allohu a’lam.

  18. Ikan says:

    Ada yg blg kunyit putih bikin kandungan jadi kering dan susah hamil?

  19. Trimakasih banyak atas infonya tentang kunyit putih,dan smg qt dapat memanfaatkan kunyit putih tersebut untuk kesehatan qt,karena kunyit putih tersebut juga bermanfaat untuk mencegah kerusakan gen,,,

  20. Abu Salim says:

    @Ikan
    malah sebaliknya, sesudah persalinan mengkonsumsi curcuma mangga ini (kunyit putih instan sulthon) akan mengecilkan rahim, dan mengembalikan rahim ke fungsinya. Sudah beberapa bidan menyarankan mengkonsumsi kunyyit putih sulthon ini, setelah mengetahui khasiatnya.

  21. Murni Restianti says:

    Apakah benar kunyit putih bisa menyuburkan kandungan?soalnya saya dah 2 tahun belum hamil,terus kata orang sauruh minum jamu kunyit putih.Apakah itu benar?mohon jawabanya,terimakasih.

  22. Abu Salim says:

    Kalau melihat literatur khasiat curcuma mangga adalah menyempitkan rahim dan organ kewanitaan. Barangkali dari proses ini rahim menjadi subur. Allohu a’lam.

  23. sheila says:

    dimana saya bs mendapatkan rimpang curcuma mangga basah?

  24. umy says:

    aku dah coba konsumsi kunyit putih yang mentahnya (bukan kemasan. memang kasiat yang baru terasa badan terasa enak. sekarang akusedang nyari obet alami u menurunkhan berat badan neh, ada yang punya ide gak????

  25. indah says:

    ktax kunyit putih bs menghilangkan kista yah?…
    apakah benar,, mohon jawabannya….. terima kasih.

  26. Abu Salim says:

    @ indah
    insyaAllah bisa, sudah ada beberapa literatur yang menyebutkannya, dan sudah ada juga yang berhasil. Allohu a”lam.

  27. Florina says:

    1. Apakah betul kunyit putih bisa menyembuhkan semua jenis kista, spt endometriosis dan adenomiosis?
    2. Apakah konsumsi kunyit putih cukup aman jika dikonsumsi setiap hari utk jangka waktu yg panjang, krn obat herbal konon hasilnya baru akan terlihat setelah pemakaian yg regular dan lama?
    3. Apakah konsumsi kunyit putih sebaiknya dihentikan pd saat haid, krn katanya bisa membuat haid tdk lancar dan perut kembung?
    4. Sebetulnya jenis kunyit putih yg mana yg bisa menyembuhkan kista? Krn kalo baca di internet, ternyata ada beberapa jenis kunyit putih yg masing-2 meng-claim bisa menyembuhkan kista. Apakah Curcuma Mangga? Curcuma Alba? Curcuma Rhizoma? Atau Curcuma Zodoaria?
    Mohon di-reply ya, Pak. Thank you.

  28. Abu Salim says:

    @Florina
    dalam literatur memang disebutkan bahwa herbal untuk kista bisa memakai resep curcuma mangga dan curcuma zedoaria.
    secara umum mengkonsumsi herbal tetap aman sepanjang mengikuti petunjuk pemakaian, jika dirasa sudah terjawab permasalahan tidak seharusnya obat terus-menerus dikonsumsi.
    khasiat kunyit putih secara umum justru melancarkan haid dan problematika kewanitaan. dalam hal ini curcuma mangga, alhamdulillah sudah dirasakan oleh masyarakat (wanita) dengan mengkonsumsi curcuma mangga, sebagai penawar dari problematika kewanitaan. Allohu a’lam
    Alhamdulillah, kini ada kemudahan ditengah masyarakat adanya produk Kunyit Putih Sulthon dengan komposisi curcuma mangga dan gula pasir, sebagai alternatif minuman tradisional. semoga berkenan…

  29. Itas says:

    saya mengalami keputihan gatal, berbau, dan kadang panas alias (AKUT) dan bertahun tahun sudah diobati bermacam macam obat dokter dari yang dimasukan ke vagina sampai cebok dan minum nggak ada hasilnya, tapi sejak minum kunir putih selama 2 bulan ini keputihan saya berangsur angsur kurang saya yakin, memang prosesnya lama tapi saya yakin akan sembuh karna biasanya kalo saya sudah cape pasti keputihan saya banyak dan bisa berkali kali mengganti celana dalam tapi ini sudah tidak lagi.. saya akan terus meminumnya sampai benar benar hilang karna saya pikir kesehatan itu mahal, saya nggak peduli lagi dengan harganya yang penting bisa sembuh jadi bagi para wanita nggak usah lagi cari obat lain karna kunir putih sudah terbukti.

  30. Abu Salim says:

    @Itas
    terima kasih. bagi kami yang menyembuhkan hanya Allah Ta’ala. Namun kita hendak berusaha mencari pengobatan secara alami, karena yang alami relatif lebih aman. alhamdulillah kunyit putih sulthon dapat memberikan manfaat ditengah masyarakat dengan harga terjangkau. semoga kami, ABA Herbal juga dapat istiqomah mempertahankan kualitas, menyajikan yang murni dari alam.

  31. chacha says:

    ass. mas abu salim,saya penderita gastritis erosi, 3 bulan lalu sya pernah muntah darah segar lebih kurang 500 cc. orang bilang minum kunyit, apa benar khasiat kunyit itu untuk penyembuhan luka dalam? thank’s, wass

  32. Abu Salim says:

    @chacha
    sebaiknya Anda diperiksa oleh Pentrapi Tradisional atau dokter. Pemeriksa tentu lebih mengetahui ketimbang tanya online seperti ini. Tapi, jika yang dimaksud adalah gastritis, semoga herbal berikut bisa membantu. Daun sosor bebek 5 lembar dengan garam, tumbuk, peras tambahkan garam, ambil airnya, 2 – 3 kali sehari. Atau bisa juga dengan Bunga Biduri 1/3 genggam dan madu. Bunga Biduri rebus 3 gelas air sampai menjadi 2 seperempat gelas, tambahkan madu murni, minum 3 kali sehari, ramuan tersebut untuk sehari. Adapun kunyit memang bermanfaat untuk lambung, karena sifatnya memberi lapisan atau semacam lendir. Allohu a’lam.

  33. Anies says:

    Mengkonsumsi ramuan kunyit putih untuk gadis (yg belum menikah) boleh tidak? karena yg saya dengar dapat menyempitkan rahim ya, kalau msh gadis gmn nanti susah untuk hamilnya, mhon penjelasannya….
    saya baru mencoba minum ramuan kunyit putih shulton pd saat hr pertama haid dan ternyata tdak merasakan sakit perut seperti yg biasa sy rasakan sebelumnya, pd awal haid hr pertama pasti sakit perut. …………….. terima kasih

  34. Abu Salim says:

    Kunyit Putih dengan curcuma mangga boleh dikonsumsi untuk yang sedang hamil jika berupa minuman instan, karenanya dosisnya masih aman.
    Untuk gadis, boleh juga dikonsumsi, dan insyaAllah tidak membahayakan dikemudian hari. Dalam literatur herbal tanaman indonesia pun tidak ada larangan pantangan untuk dikonsumsi wanita hamil atau wanita lajang. Semoga membantu….
    Mohon do’a nya dari semua semoga kami bisa tetap istiqomah memproduksi herbal murni dari alam sejenis Kunyit Putih Sulthon.

  35. Rendria says:

    Mbak apa bisa kunyit putih itu ,untuk menyembuhkan ,diabets,ligesterid,hipertensi ……..makasih

  36. Vienna Thania says:

    dmn saya bisa dapatkan Kunyit Putih ?.

  37. Abu Salim says:

    @Vienna Thania
    silahkan belanja online di Blog dan Toko Online MurniAlami.com

  38. nabila says:

    @nabila umaya
    ass, mba sya mau tanya apakah kunyit putih dapat mengeringkan peranakan.. saya sbtulnya ingin mbuat ramuan kunyit putih utk mengobati keputihan saya yg sdah akut, namun msih ragu krna tkut efek samping nya mengeringkan peranakan dan sulit hamil..saya sering mgalami kguguran apakah baik jika mengkonsumsi kunyit putih dlm jangka wktu yg lama,kunyit putih jenis apa yg seharus nya sya knsmsi dan apakah kunyit putih bisa menyembuhkan radang vagina dan myom..mhon penjelasan nya, trmksih.

  39. nabila says:

    ass, mba maaf saya juga menginginkan resep kunyit putih untuk menyembuhkan keputihan yg sdh akut bserta aturan minum nya dan kira-kira dlm jngka wktu brapa lama kah mengkonsumsi ramuan kunyit putih ke tahap kesembuhan total.. mhn pnjelasan nya, trmksih.

  40. Sonya says:

    Beberapa minggu yg lalu aku divonis dktr kena thyroid, tapi sampai sejauh ini (berdasarkan hsl test darah) fungsi thyroidnya masih normal….apa kunyit putih bisa bermanfaat utk turunin bengkaknya thyroid….??? Mohon info…tks sebelumnya ya….

  41. wildan mahmuda says:

    Apakah ada manfaat atau efek bagi orang penderita darah tinggi ikut mengkonsumsi kunyit putih…?

  42. NIRWANA says:

    DImn kita bisa belkurkuma mangga

  43. floren says:

    Halo, saya wanita berumur 22tahun,sudah menikah. apakah kunyit putih ini bisa mengatasi gangguan vagina yang berlendir?
    Sejak duduk di bangku SMP, vagina saya mengeluarkan lendir, kadang bening, kadang berwarna putih susu.
    Terkadang suami saya complain, karena vagina saya jadi ‘becek’.
    Apa kunyit putih bisa membantu?

  44. Abu Salim says:

    @floren
    Silahkan dicoba aja dulu. termasuk khasiat kunyit putih juga untuk mengatasi masalah tersebut.

  45. ismail hasim says:

    as salam, saya mohon pertolongan dan penjelasan. saya baru saja mencabut duabatang pokok kunyit putih yang saya tanam 1 tahun dahulu. apa boloih kah saya minum air dari kunyit pitih.
    po kok kunyit putih saya perolih dari seorng teman dari jawa barat. beilau memberinya kapda saya ketika pokok nya masih kecil. saya buah nya dari 2 batang pokok sudah mencecah 1 kilogram.
    saya mempunya dari tinggi dan kolesterol.
    mohon tunjuk ajar saya mcamane cara cara nak minum air nya.

  46. Abu Salim says:

    @ismail
    untuk meminum kunyit putih, bisa diparut diambil airnya.

  47. penni ola says:

    yang saya denger,
    kunyit putih bisa menghilangkan uji2,
    apakah itu benar?
    terima ksh.

  48. maduwireni says:

    assalamualaikum mbak, saya mau tanya mbak, anak saya umur 17 thn badannya tambah kurus, juga kena alergi kalau makan telur.ada yang kasih tau saya suruh kasih kunyit putih. oh ya mbak bisa gak di kasih minum kunyit putih instan dan takaran minumnya berapa sendok. mksh mbak.

  49. irma says:

    Pak..gimana cara memesan kunyit putih bubuk tanpa campuran??
    mohon respon, sekalian email dan mungkin no hp yg bs sy hubungi???

    Terima kasih atas perhatian dan tanggapannya

    Wassalam

    Irma Nadjamuddin

  50. ianz says:

    Asskum….
    temen2 tolong bantu aq donk,, aq menderita penyakit maag udah dan penyakit panas dalam udah 4 th smpai sekarang belom sembuh-sembuh jga, malahan aq ga bsa tidur. Ya alloh tolongi aq ya Alloh,,, sembuhkan lah aq ya alloh.

  51. Andy says:

    Coba aja mas Ianz ramuan sambiloto, kunyit dan temu mangga.
    Untuk temu mangga bisa langsung di makan kok, rasanya seperti mangga muda, tapi agak kelat. Untuk Kunyit diparut aja kira-kira sampai dapat 1 gelas, tidak encer dan tidak kental sedang saja.
    Untuk sambiloto, cari aja sama tukang jamu, biasa mereka punya. Tapi kalau untuk pengobatan, pesan aja sama mereka bilang yang baru, dan di buat jangan encer kali.
    Insya-Allah alternatif ini berhasil, bukan obat yang menyembuhkan tp Allah. Dialah dzat yang maha menyembuhkan.

  52. Andy says:

    Dalam tahap pengobatan, kalau bisa jangan memakan makanan mengandung minyak dan santan, baik nya rebusan saja.

  53. Kiki says:

    Salam kenal Mas Abu Salim, saya juga dengar tentang kemanjuran kunyit putih (sulthon) ini. Sekarang saya juga sedang coba minum secara rutin. Saya seorang perokok dari umur 18 tahun, sekarang 33 tahun, sehari habis 3/4 s/d 1 bungkus rokok mild. Satu setengah bulan yang lalu saya memutuskan berhenti. Namun sering juga timbul kecemasan kuatir saya sudah terkena kanker paru-paru. Karena beberapa kali sering terasa nyeri seperti dicubit di paru-paru kanan. Sejauh ini gejalanya baru itu dan semoga kekuatir-an saya tidak terbukti. Mohon sarannya mas, terimakasih atas saran yg diberikan Mas Abu Salim. Salam kenal juga buat semua pengunjung yang lain.

  54. aam azimah says:

    apakah kunyit putih bisa menyembuhkan asam urat ? apa sih obatnya asam urat ?

  55. Abu Salim says:

    @Kiki
    disempurnakan taubatnya dari perkara yang haram semisal merokok ini Pak. tidak perlu khawatir jika ingin meninggalkan merokok seperti ini. banyak juga yang telah berhasil. intinya, jiwa ini harus dilatih dan dibiasakan. kuatkan niat, bahwa Anda bisa dan sanggup. barengi juga dengan herbal yang bisa memulihkan kembali organ paru Anda, semisal habbatus sauda dan lainnya. Allohu a’lam

  56. Abu Salim says:

    @aam azimah
    kami kurang tahu apakah kunyit putih bisa untuk asam urat, namun dari pengalaman kami, ada seorang Bapak yang berbelanja mengatakan bahwa asam uratnya ada perubahan (menuju kesembuhan) setelah mengkonsumsi produk Kunyit Putih Sulthon. Allohu a’lam.
    daun salam bisa digunakan untuk Anda sebagai pengobatan herbal untuk asam urat. murah meriah, inysaAllah berkhasiat. daun salam juga bisa untuk menurunkan kolesterol. terima kasih telah berkunjung.

  57. fitri darmayanti says:

    Saya menderita kista dan sudah dioperasi tetapi setelah dioperasi tumbuh kembali kistanya, dulu saya konsumsi kunyit putih ini namun sekarang sulit sekali mencari kunyit putih ini, tolong sarannya dimana saya bisa membelinya. mksh

  58. Abu Salim says:

    Jika kesulitan mendapatkan produk Kunyit Putih Sulthon, atau produk ABA Herbal lainnya, bisa dibeli secara online melalui murnialami.com. Smoga membantu.

  59. weriss says:

    sy pnya phnnya,tapi mash kcl br 2cm tingginya

  60. erniati says:

    minta bantuannya,…apa pengaruhnya kunyit putih bagi kandungan saya yang belum dikaruniai momongan setelah 3th menikah,,terimakasih…

  61. erniati says:

    menyambung pertanyaan yang tadi,sedikit cerita kemarin sy disarankan oleh ibu urut katanya suruh minum air kunyit putih setiap hari,…setelah saya baca artikelnya jadi punya tanda tanya apakah bebahaya atau tidak terhadap kesuburan kandungan saya?terimakasih

  62. lisna sailillah says:

    saya sdh hmpir 2thn tdk haid, lagi coba pengobatan herbal tapi blom haid jg, ada yg blng pkai kunyit putih bs membantu, kira2 bs d beli d mn produkx n ada cmpurannya nda yah selain knyit push? jzk sebelumnya

  63. ino says:

    saya penderita darah tinggi, kadang juga jantung trasa degdegan dengan keras
    pak, saya mau tanya
    apakah kunyit putih bisa menyembuhkan tekanan darah tinggi dan jantung?

  64. arif says:

    dimana bisa saya beli ?

  65. hani says:

    ass.saya ada benjolan sebesar kacang ijo di leher kanan dan kiri,periksa dokter disarankan operasi,saya mau mencoba pengobatan herbal dengan kunyit mangga,saya beli instan di toko jamu,disana juga ada kunyit putih,yang dipakai yang mana?dosisnya berapa?tolong jawab.

  66. hapsari says:

    Saya mau mengkomsumsi kunyit putih untuk mengobati kista dan maag akut. Tp, saya punya penyakit tekanan darah rendah. Kata nya kunyit putih bisa menurunkan tekanan darah. Apa benar? Mohon jwbnnya,, saya sgt perlu, terimakasih.

  67. reni says:

    temu putih bagus u/ mengecilkan rahim pasca kehamilan.. tetapi gimana dgn yang belum hamil dan merencanakan kehamilan sementara saya penderita kista,, apa ada pengaruhnya

  68. Abu Salim says:

    @reni
    jika yang diminum berupa minuman tradisional insyaAllah tidak mengapa, seperti Kunyit Putih Sulthon.

    @hapsari
    selama ini belum ada keluhan konsumen kami tentang produk Kunyit Putih Sulthon bisa menurunkan tekanan darah. Alhamdulillah, meskipun ini sebatas minuman tradisional, namun cukup bermanfaat sesuai manfaat dari kunyit putih curcuma mangga itu sendiri. Allohu a’lam

  69. anyone says:

    apakah bisa kunyit putih mengobati jantung,liver,ginjal,limfa? tolong dijawab penting sekali untuk uwa saya.. makasih

  70. Abu Salim says:

    @anyone
    untuk penyakit banyak seperti itu, kami menyarankan habbatussauda atau propolis.

    @bella
    coba konsumsi kunyit putih sulthon, alhamdulillah banyak wanita dewasa cocok dengan kunyit putih sulthon, termasuk masalah anda juga.

  71. anyone says:

    apakah ada salah satu dari penyakit2 yang saya sebutkan yang bisa disembuhkan oleh kunyit putih? makasih

  72. anya says:

    apa bedanya temu putih, kunyit putih dan temu mangga?
    Apakah herbal ini bs menyuburkan kandungan dan mengatasi kista?

  73. Abu Salim says:

    @anya
    jika mau tahu perbedaannya, lihat nama latinnya. jangan sebut nama melayu nya. sepengetahuan kami insyaAllah bisa dengan temu mangga atau temu putih untuk kista. Allohu a’lam.

  74. Rinjani says:

    Mohon penjelasannya Pak… Apa perbedaannya mengkonsumsi Kunyit putih yang di kapsulkan dengan kunyit putih yang di minum dengan cara di seduh bubuknya?…

    Apakah hal itu bisa berpengaruh untuk wanita yg belum hamil, karena saya memiliki kista. dan ingin mencoba mengkonsumsi kunyit putih. mohon penjelasannya ya pak… terimakasih.

  75. FITRI says:

    ass.. saya punya anak umur 4.5th dia sering sakit panas kata dokter anak saya kena “AMANDEL” sudah mencoba salah satu herbal tapi belum ada perubahan, tolong minta solusinya! terima kasih……

  76. tri hariyanto says:

    ass. wr. wb, istri saya 2 bln yg lalu dinyatakan kena itp, anti body menyerang thrombosit nya sendiri, sekarang sedang hamil 4.5 bln. selain obat dokter, istri mengkomsumsi propolis, royal jely, polen, madu, habbatussaudah, tetapi kondisi thrombosite masih blm bagus, apakah kunyit putih bisa mengatasi masalah ini ? dan baik untuk hamil nya ? berapa aturan minumnya jika memakai yg diperas sendiri ? terima kasih banyak, semoga ALLAH meridho’i amin wassalam

  77. Abu Salim says:

    @tri hariyanto
    coba konsumsi jus kurma atau sari kurma

  78. joe says:

    kunyit ama madu bisa sembuhim tifus gak?

  79. Abu Salim says:

    @joe
    untuk tifus coba konsumsi kapsul cacing, untuk terapi jangka panjang nya rutin konsumsi daun cingcau

  80. ARISOS says:

    ass…kakak sy sudah divonis terdapat massa di pankreas melalui CT SCAN, kira2 kunyit putih bisa membantu nggak? konsumsi sehari berapa banyak yaa? terima kasih

  81. Eka says:

    Alhamdulillah, atas semua infonya. Apakah kunyit putih ini bisa digunakan untuk obat TORCH (toxoplasma rubella CMV Herpes)? Terima kasih atas jawabannya

  82. Kina says:

    Mau tnya nih.. Kunyit putih bisa untuk menyembuhkan infeksi kelenjar getah bening gak??
    Soalnya sya baru2 ini terkena infeksi kelenjar getah bening di ketiak + terkena tipus. Bberapa hri ini sy sdah coba mengonsumsi kunyit putih. Tp bagaimana dgn tipusnya?? Biasanya untuk tipus sy mnum air rebusan labu putih. Apakah boleh minum kunyit putih sedangkan sy jg mengonsumsi rebusan labu putih??
    Dan apakah kunyit putih itu bisa mengobati dan mencegah kanker payudara?? Karena infeksi kelenjar getah bening yg sya rasakan terkadang nyeri hingga payudara..
    Dan bagaimana cara dan takaran yg tepat untuk meminum kunyit putih sbg pengobatan maupun pencegahan?? Dan butuh waktu berapa lama mengonsumsi kunyit putih sbg obat untuk infeksi kelenjar gtah bning?? Jenis kunyit putih yg bgaimana yg baik d gunakn sbg obat, sperti yg banyak di jual d pasaran tidak?
    Mohon jwabannya
    TERIMA KASIH

  83. wahyu wibowo says:

    Bagaimana takaran konsumsi kunyit putih jenis mangga dalam bentuk ruas/rimpang dalam 1 hari untuk penyembuhan kangker? thank before

  84. isti says:

    apakah penderita osteoporosis boleh untuk minum jamu kuyit putih,daun salam, dan temulawak kalau di campur?

  85. RENAL says:

    bagaimana car mengobati liver/hepatitis B pak ???

  86. kunyit putih,bisa menggangu tidak jika di minum dalam jangka panjang terhadap kesuburan kandungan?

  87. hanum says:

    Saya sudah 11 tahun menikah, tapi belum mempunyai momongan dan saat ini saya dalam program kesuburan… Apakah saya boleh mengonsumsi campuran kunyit putih, kunyit biasa dan temu lawak… Apakah Ä?? efek sampingnya jika saya mengonsumsinya… Mohon infonya dan petunjuk komposisinya… Trimakasih

  88. hanum says:

    Saya sudah 11 tahun menikah, tapi belum mempunyai momongan dan saat ini saya dalam program kesuburan… Apakah saya boleh mengonsumsi campuran kunyit putih, kunyit biasa dan temu lawak… Apakah Ä?? efek sampingnya jika saya mengonsumsinya… Mohon infonya dan petunjuk komposisinya… Trimakasih

  89. sekar melati says:

    Aku didiognosa dokter sakit tipes dan lambung atau maag dah diobati sekitar 2 minggu tapi masih rasa sakit, minta resepnya dong ? nuwun

  90. sekar melati says:

    olah raga apa ya yang baik untuk orang yg terkena sakit tipes krn kl g ada kegiatan badan tambah montok alias gemuk ….

  91. amin says:

    mau tanya istri saya memiliki sakit maag agak parah dan dulu ada kista tp sempet sembuh dengan obat dokter tp sekarang kok keluhanya ada lagi meski di USG bersih dan dia keputihannya jg tak kunjung sembuh udah minum ramuan temu lawak+ kunir butih+kunir+kencur+temu ireng untuk semua penyakitnya selama msh 1 minggu ini tp kok blum ada perubahan ya??? apakah kunyit putih sulthon itu ekstrak atau bukan?

  92. amin says:

    oh ya apa bedanya curcuma zedoaria dan curcuma mangga? bagus mana?

  93. ardy tan says:

    Asslm..tolong penjelasanya untuk ramuan kunyit putih unttuk tumor pankreas.gmn cara membuat ramuannya dr kunyit putih segar.karena saat ini ibu saya di diagnosa ada tumor di pankreasnya..tolong dgn sangat penjelasannya.
    Atau mgkn ada alternatif ramuan herbal lainnya.
    Tolong di reply mas..
    Terima ksh sebelmnya Wasslm,

  94. Nur Farhana Lee says:

    Nak mint a jelaskan Adakah temu mangga bisa dimakan selepas membersihakannya. Makan mentah2.

  95. rain says:

    Apa efek samping kunyit putih bagi ibu hamil dan bagi bayi yang di kandungnya? Terima kasih

  96. nadia joti sitorussaya ma says:

    saya mau nanya apa bisa kunyit putih dgunakan penyakit hipertensi

  97. hasna farida says:

    Apakah bapak jual produk kemasan atau jual curah? terima kasih

  98. erna says:

    Sebenarnya untuk mengkonsumsi kunyit putih itu baiknya dlm keadaan kering atau masih segar??
    Trs,,gmn cra mengolah kunyit yg masih berbentuk rimpang..?

  99. popi says:

    Alhamdulillah sy minum kunyit putih bubuk maag kronis sy sembuh..subhanalloh

  100. popi says:

    Pak abu sy minat kunyit putih shultonnya..

  101. mimi says:

    Sementara lg mengkonsumsi obat dokter/kimia,bisa gak konsumsi air kunyit putih jg.klw untuk pengobatan batuk,gmn cara konsumsinya. Terima kasih

  102. Maria ulfa says:

    selamat siang,
    yang ingin saya tanyakan adalah bagai mana memilih kunit putih yang baik untuk di konsumsi?
    dan apakah minuman seruk dari temu ini ada batasan usia untuk mengonsumsinya?
    terimakasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>